Manusia Butuh Stresori (Manajemen Stress)

0

Memahami makna sebuah  kewajiban  bisa bikin stress kita langsung hilang. Karena pemahaman ini bisa mengubah stress kita jadi stress positif atau eustress. Nggak ada yang sia-sia. Stress itu punya dua fungsi.

Pertama stress itu melatih integritas seperti suhu dan tekanan besar yang mengubah batu dan lumpur yang terbenam menjadi berlian. Kedua stress itu membuat kita tetap membumi. Seperti gravitasi yang menekan setiap sel  yang membuat diri kita tetap tegak berdiri.

Seperti ketidakpahaman tentang fungsi adrenalin dan emosi negatif sebagai sinyal positif. Ketidakpahaman tentang fungsi stress sebagai sinyal positif lah yang sebenarnya memicu stress.

Manusia cenderung menghindari konflik dalam kehidupannya. Karena konflik termasuk salah satu pemicu stress. kebanyakan orang berusaha menghindari tekanan atau stress. Dia menganggap dengan behituhidupnya bisa tenang, damai dan bahagia.

Padahal selama seseorang menginginkan hidupnya, ia harus bersahabat dengan segala macam tekanan hidup, berbagai jenis permasalahan hidup. Jika seseorang hidupnya ingin  berubah, maka ia harus bersahabat dengan “rasa sakit” yang membuatnya tumbuh.

Bersahabat dengan rasa sakit  menjadikannya tumbuh. Dan yang paling penting berhentilah mengaitkan stres dengan sakit. Penyakit, kesialan dan berbagai jenis penderitaan hidup lainnya. Coba kaitkan stres dengan hal-hal yang membuat kita semakin bersemangat menjalani hidup.

Disaat kita punya masalah atau lagi banyak tekanan hidup, katakan saja kalimat ini pada diri sendiri:

“Alhamdulillah mulai saat ini aku sudah berdamai dengan segala macam masalah, segala jenis peristiwa dan berbagai macam karakter manusia. Nggak tahu kenapa dengan kesadaran baruku saat ini, setiap hadir masalah demi masalah dalam hidup, membuat  aku semakin bersyukur. Sebab Tuhan menginginkan kualitas hidupku berubah. Tuhan menghendaki hidupku terus bertumbuh kearah yang lebih baik,”

“Mulai saat ini tidak tahu kenapa hadirnya segala macam tekanan atau stresor justru membuat pikiraku semakin jernih,menjadikan aku mampu melihat banyak peluang dan kesempatan. Aku mengerti sekarang aku membutuhkan stresor dalam hidup sebab semakin besar tekanannya membuat tubuhku semakin sehat menjadikan mentalku semakin kuat mengubah kualitas hidupku semakin berdaya semakin hebat dan semakin semangat menjalani hidup.”. Selamat mencoba.. (end)

Tinggalkan Balasan