Sendawa Setelah Makan Ternyata Penting bagi Kesehatan

0

Setelah makan atau pun minum biasanya kita akan bersendawa. Sering kali ada yang malu jika bersendawa, apalagi didepan umum. Ada yang bilang kurang sopan. Padahal bersendawa  efekkya sangat penting bagi kesehatan. 

Bagaimana etika bersendawa agar kesehatan tetap terjaga. Sendawa  itu sendiri  merupakan  suatu aktifitas dalam perut yang mengeluarkan gas melalui mulut. Bayangkan jika kita tidak bersendawa saat setelah makan atau minum. Apa yang akan terjadi pada tubuh kita? Tentu saja aktifitas kita akan  terganggu.

Selepas mengkonsumsi makanan  atau minuman, perut akan mengeluarkan bunyi khas dan bau yang cukup menyegat. Itulah sendawa. Perlu diketahui bersendawa itu bermanfaat agar tetap sehat.

Namun perlu diingat bersendawa didepan umum kurang  sopan. Jangan sampai kita menahannya, berusahalah bersendawa tidak didepan banyak orang.

Manfaat bersendawa bagi perut mengurangi rasa tidak nyaman. Setelah kita makan terkadang  perut terasa kembung dan tidak nyaman. Dan juga aktifitas kita pun menjadi terganggu. Dengan bersendawa kita bisa mengeluarkan karbondioksida dari dalam tubuh untuk menghindari masalah kembung dan nyeri dada.

Selain itu, sendawa juga bisa mencegah menumpuknya gas. Ada  beberapa jenis makanan yang mengandung gas membuat kembung dan rasa tidak nyaman di dalam perut. Seperti kacang-kacangan, lobak dan brokoli. Dengan cara bersendawa gas bisa dikeluarkan sedikit demi sedikit. Dengan mengeluarkan  kelebihan gas dapat mencegah akumulasi di perut sehingga tubuh tetap energik.

Bersendawa bisa meringankan tekanan yang terakumulasi dalam tubuh sehingga perut terasa lebih nyaman dan enteng. Selain meringankan tekanan, sendawa juga dapat membantu pencernaan dengan mencegah pemupukan gas yang berlebihan diperut. Bagaimana pula kalau kita sering bersendawa?

Perlu diingat, seringnya kita  bersendawa juga merupakan pertanda ada gangguan kesehatan tertentu. Kemungkinan penyebab seringnya kita bersendawa  karena kita tanpa sengaja atau sengaja menelan udara secara berlebihan,ini yang biasa kita sebut Aerophagia.

Menelan udara terjadi saat kita makan, minum, berbicara atau ketawa. Setiap kita menelan makanan sekitar 8-32 ml udara ikut masuk ke dalam perut bersamaan dengan makanan yang kita makan.

Selain itu mengkonsumsi  jenis makanan dan minuman tertentu yang bisa menyebabkan seringnya kita bersendawa. Seperti  minuman berkarbonasi, kacang-kacangan, brokoli, kubis, bawang, kol, pisang, kismis,dan roti gandum. Penggunaan obat-obat pun juga menyebabkan seringnya kita bersendawa. Diantaranya obat diabetes acarbose,obat pencahar laktulosa atau sarbitol,dan obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau aspirin.(end)

Komentar