Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Mie Instan

0

Mie instan adalah makanan yang paling banyak dikonsumsi berbagai kalangan, baik tua maupun muda. Mungkin bisa dibilang,mie instan merupakan makanan favorit. Setiap orang pasti sudah pernah mencoba dalam berbagai merk. Meskipun cara masak dan penyajiannya cepat, tanpa kita sadari ada bahaya  bagi kesehatan yang terkandung dalam mie instan. Diantaranya seperti yang dilansir Medical Daily.

Sulit Dicerna, Sebabkan Cemas,Hingga Diare

Mie instan  diolah selama berjam-jam didalam sitem pencernaan yang menyebabkan kadar gula didalam tubuh terganggu dan insulin dilepaskan. Tubuh merasa ada tambahan pengawet dan bahan kimia lain yang menyebabkan pencernaan menjadi lambat.

Baca Juga:

Ada dua bahan zat kimia yang biasa digunakan dalam produk untuk memperpanjang masa simpanan. Hidroksanisol dan hidrokuinon. Dimana jika kita mengkonsumsi dalam jangka panjang akan menyebabkan paparan berlebih butiran hidroksanisol dan t-butil hidrokuinon. Hal ini yang menyebabkan kecemasan, asma dan diare.

Risiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi mie instan dalam jumlah cukup banyak memiliki risiko lebih tinggi mengalami sindrom metabolik. Serangkaian gejala termasuk  tekanan darah tinggi, rendah, kadar kolesterol HDL, Selain itu juga berpeluang lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes dan stroke.

Mengandung Banyak Garam

Selain mengandung  bahan kimia pengawet mie instan juga mengandung banyak garam yang dapat mempengaruhi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Menurut  Studi dalam American Journal of Hypertension pada 2014, mengkonsumsi  natrium tinggi merupakan salah satu faktor utama tingkat kematian tinggi dalam 23 studi kasus terakhir. Natrium tambahan ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Selain bahaya yang dijelaskan diatas, tanggal kedaluwarsanya pun harus kita perhatikan sebelum dimasak. Karena mie instan memiliki batas waktu hingga enam bulan. Kadang penjual pun lalai dalam melihat tanggal kedaluwarsa. Kita sebagai pembeli harus jeli memperhatikan tanggal kedaluwarsanya. Selanjutnya ikuti petunjuk  cara memasak mie hingga matang.

Karena ada beberapa sebagian orang, yang cara memasaknya tidak sesuai petunjuk.  Jika hal ini dilakukan terus menerus kan menyebabkan  gangguan pencernaan dan dapat menjadi penyebab bibit penyakit lainnya. Kandungan bumbu dalam mie instan sangat mengkawatirkan. Maka dari itu kurangi pemakaian bumbu dengan cara membumbui sendiri.  Tambahkan juga sayur, tomat, sosis, telur dan yang lainnya, untuk menambah gizi. (Tempo/end).

Komentar